Beberapa Langkah Dalam Melakukan Penilaian


Wawasan Penelitian adalah :
Satu studi mengilustrasikan bagaimana bias dapat memengaruhi cara seseorang menilai orang lain.

Bagaimana menghindari masalah penilaian :
  1. Pelajari dan pahami potensi masalah, dan solusi ( seperti klarifikasi standar ) untuk setiap masalah.
  2. Gunakana perangkat penilaian yang benar
  3. Latihlah penyelia untuk mengurangi kesalahan peringkat seperti efek halo, kelonggaran, dan kecenderungan terpusat.
  4. Menyimpan catatan harian seimbang dengan usahanya.

Beberapa pedoman dalam mengembangkan proses penilaian dengan argumen yang sesuai dengan hukum :
  1. Pastikan tahu apa yang dimaksud dengan kinerja yang berhasil. Melaksanakan analisis pekerjaan untuk menyusun kriteria dan standar.
  2. Gabungkan kriteria dan standar ini ke dalam peringkat penilaian ( BARS, skala penilaian grafik, dan lain – lain ).
  3. Sampaikan secara tertulis standar kinerja pada karyawan dan penilai
  4. Ketika menggunakan skala penilaian grafik, hindari mana ciri yang abstrak
  5. Gunakan penilaian observasi subjektif
  6. Latih penyelia untuk menggunakan perangkat penilaian secara proporsional.
  7. Berikan para penilai kontak harian yang penting dengan karyawan yang mereka evaluasi.
  8. Dasarkan penilaian pada penilaian terpisah untuk setiap dimensi kinerja pekerjaan.
  9. Bila memungkinkan, penilaian dilakukan oleh lebih dari satu penilai dan dilakukan penilaian ini secara independen dan dapat membantu untuk menetralisasi bias dan kesalahan perorangan.
  10. Seorang penilai tidak pernah boleh memiliki kewenangan absolut untuk menentukan tindakan personalia.
  11. Karyawan harus memiliki kesempatan untuk meninjau kembali dan memberikan komentar secara lisa ataupun tertulis mengenai penilaian mereka sebelum penilaian tersebut menjadi penilaian akhir dan harus punya proses permohonan resmi untuk menilai mereka.
  12. Dokumentasikan semua informasi dan alasan tindakan pada setiap keputusan personalia.
  13. Bila memungkinkan berikan pedoman koreksi untuk membantu karyawan dengan kinerja rendah meningkatkan kinerja mereka.

Yang Harus melakukan penilaian :
  1. Penyelia langsung
  2. Penilaian rekan
  3. Komite peringkat
  4. Peringkat sendiri
  5. Penilaian oleh bawahan

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Informasi Lowongan Kerja Terbaru | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan